Sabtu, November 07, 2009

Spot Yang Baik Untuk Memancing

Dengan sedikit gambaran waktu yang baik untuk memancing ada baiknya saya memberikan gambaran sedikit yang saya ketahui tentang dimana yang tepat untuk memancing. Baik waktu dan tempat sangat berhubungan untuk mendapatkan hasil yang baik . Ada beberapa yang bisa saya gambarkan sebagai berikut :

• Kondisi Alam Bawah Air
Dengan peralatan pendukung yang relatif banyak saat ini seperti Fish Finder atau Sonder kita bisa mengetahui kedalaman air dan juga bentuk permukan dasar air. Dengan demikian dengan alat tersebut dapat dilihat apakah permukaan dasar air memilki struktur pasir,lumpur atau karang. Dan pada umumnya permukaan dasar dengan struktur berkarang merupakan habitat yang disukai ikan. Namun yang perlu diperhatikan ada beberapa jenis ikan senang pada saat waktu tertentu untuk di wilayah karang dan pada saatnya lagi ikaniikan tersebut berpindah ke wilayah berpasir atau yang lainnya.

• Material diatas permukaan air
Dapat dikatakan sampah yang larut diatas permukaan air seperti batang atau ranting pohon juga sangat disukai ikan baik untuk sembunyi dan juga untuk mencari makan. Dengan adanya batang atau ranting pohon yang terapung dipermukaan ikan kecil akan lebih senang berkumpul dan pada akhirnya ikan besar berdatangan untuk memangsa ikan kecil.


• Material dibawah laut
Material disini berarti suatu benda yang terdapat didasar air seperti bangkai kapal tenggelam atau yang lainnya merupakan tempat yang disukai ikan. Namun ada sesuatu hal yang perlu diperhatikan untuk saat ini banyaknya pencari ikan ( nelayan ) dan lebih buruk lagi para pemancing dengan sengaja membuat material untuk ditenggelamkan ke dasar laut dalam hal pembuatan rumpon yang seharusnya dibuat dari material dengan waktu tertentu bisa rusak oleh alam tapi terkadang dibuat sebaik mungkin dan walaupun bisa hancur dalam waktu yang lama. Mungkin salah satu contoh adalam pembuatan rumah ikan dengan bahan ban-ban bekas ini dapat mengganggu kondisi ekosistem laut. Hendaknya dengan memancing kita lebih bisa mencintai laut bukan merusaknya.

• Burung
Burung adalah pemangsa utama ikan dan disaat burung banyak terbang diatas permukaan laut ini berarti bahwa banyak ikan berada di tempat tersebut.


• Gusung dan Pulau Kecil
Gusung adalah daratan yang muncul pada saat air laut surut dan biasanya ikan-ikan kecil berkumpul ditempat ini karena pada saat terjadinya pasang makanan ikan seperti plankton atau sejenisnya akan banyak dan pada saat surut akan tersapu gelombang sehinnga terapung dipermukaan air dengan banyaknya ikan kecil sehingga ikan-ikan besar biasanya lebih menyukai untuk mengitari gusung atau pulau kecil tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar