Sabtu, Januari 30, 2010

Tips Memancing Ikan Bandeng

Ikan bandeng memiliki nama latin Chanos chanos, merupakan ikan campuran antara air asin dan air tawar atau payau. Ikan ini dapat hidup sampai ke pinggiran dan tengah laut dan secara kontinyu akan kembali ke perairan dangkal atau tepi pantai untuk bertelur. Ikan banding lebih menyenangi perairan dangkal dengan banyak tanaman bakau di sekitarnya. Karena akar tanaman bakau akan melindungi telur dan bayi ikan banding dari pemangsa seperti ikan lain yang berukuran lebih besar.

Bayi bandeng atau yang dekenal dengan nama “nener” banyak ditangkap oleh para nelayan untuk dijadikan benih di tambak. Memang bandeng sekarang sudah banyak di pelihara di tambak – tambak. Pengambilan benih bandeng atau nener di alam liar masih merupakan pola pembibitan yang sudah kadaluarsa. Sekarang bibit bandeng atau nener banyak di produksi oleh para pembibit atau hatchery untuk di jual ke pengelola tambak. Dengan teknik pembibitan yang modern bibit bandeng dapat dihasilkan dengan jumlah yang luar biasa banyak.

Cara Memancing Bandeng
Mancing bandeng memang belum begitu populer. Dibanding ikan mas, mancing bandeng baru dilakoni segelintir orang. Tawaran Wunwun untuk ikut mancing ke Teluk Naga, Tangerang, sempat membuat heran pehobi mancing di harian ini. Mereka sempat tak percaya. ”Memangnya bandeng bisa dipancing? Bukannya susah karena mulutnya kecil?”
Untuk memancing bandeng memang diperlukan teknik khusus, kebanyakan para pemancing yang mencari target sasaran ikan bandeng akan mencoba peruntungannya di tambak – tambak milik petani, meski bisa juga memancing bandeng di perairan dangkal di dekat hutan bakau. Bandeng merupakan ikan yang termasuk omnivore atau pemakan segala. Makanannya yang utama adalah lumut dan plankton. Maka untuk memancing bandeng di alam liar cukup sulit, namun jika anda mencoba memancing bandeng yang berada di tambak, mungkin akan sedikit mudah , karena ikan bandeng jenis ini sudah pernah merasakan makanan buatan seperti pelet dan pur.
Sebetulnya cara memancing bandeng tak beda dengan ikan mas. Kalau diperhatikan ada dua cara yang biasa dipakai, yaitu memakai rangkaian berpelampung atau rangkaian langsung yang diberi pemberat (disebut glosor).
Rangkaian berpelampung merupakan rangkaian yang paling umum dipakai para pemancing. Sebab, isyarat deteksi mudah dibaca. Pemasangan pelampung cukup gampang bila digunakan peniti khusus pelampung dan karet pembatas khusus (stopper) yang membuat rangkaian tadi menjadi praktis pada joran.
Untuk cara pemasangan, mula-mula loloskan kenur pada jalur kenur di joran. Masukkan secara berurut karet pembatas, peniti pelampung dan timah sebesar biji lada sebelum mengikatkan peniti (link swivel) di ujung kenur. Di bagian bawah, dipasang mata kail yang sudah dirangkai tiga. Kata Wunwun dan Didi, karena mulut bandeng itu lebih kecil dan lebih peka dari ikan mas, maka sebaiknya digunakan mata kail nomor sembilan atau sepuluh.
Rangkaian berpelampung sangat cocok diterapkan pada air yang tenang dan berangin sedang. Kedalaman empang maksimal dua meter. Ukuran kedalaman air harus tepat agar jarak pelampung dengan umpan tak terlalu panjang yang bisa membuat ikan lolos saat joran digentak.
Untuk memancing ikan bandeng di tambak anda bisa meramu pakan umpan seperti pakan ikan mas, coba lihat artikel kami tentang pakan ikan mas. Ikan bandeng meski merupakan ikan liar namun setelah mendapatkan menu tambahan seperti pelet dan pur akan berubah pola makannya. Penggunaan umpan ikan mas yang berbau tajam dan menusuk akan membantu anda memancing ikan bandeng.
Ikan bandeng termasuk ikan yang menyambar umpannya secara langsung, maka dibutuhkan mata kail yang sesuai dengan mulut ikan. Gunakan pelampung dengan kedalaman kira – kira 10 cm dari dasar tambak, sekali pelampung bergoyang tanda disambar ikan anda harus sesegera mungkin menarik joran anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar